Entertainment Value dalam Mobile Advertising

SMS LBA : IKLAN BEDASARKAN LOKASI
12 April 2018
Perbedaan SMS Masking dan SMS LBA serta Pengaplikasiannya di Bidang Promosi
12 April 2018

 

Atas dasar research pustaka terkait, menunjukan bahwa sikap penyampaian dalam promosi SMS adalah hal yang penting dalam menjaga pertumbuhan konsumen, dengan itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat pesan promosi SMS yang dapat diterima baik dengan konsumen tanpa menurunkan kualitas mutu iklan dan impresi konsumen terhadap produk yang kita promosikan, salah satu hal yang membuat promosi SMS yang dapat diterima baik dikalangan orang banyak adalah entertainment value dalam iklan yang anda buat, apa itu entertainment value dan bagaimana cara pengaplikasiannya?

Nilai Entertainment

Entertainment didefinisikan oleh Ducoffe (1996) adalah sebagai kemampuan untuk memenuhi kebutuhan audiens dalam melepas kepenatan dan juga untuk untuk pengalihan dan menambah kenikmatan emosional, case tersebut juga sudah dibuktikan oleh Mitchell dan Olson (1981).

Entertaining advertising dalam promosi SMS akan membuat konsumen berada didalam mood yang bagus dan akan memberikan impact yang baik terhadap iklan yang anda buat termasuk kedalam produk yang diiklankan. Promosi SMS jika dikirimkan dengan format yang menyenangkan dapat segera menangkap perhatian konsumen dan membuat mereka berfikir positif tentang iklan tersebut.

Dalam proses menarik kostumer dan menjaganya, beberapa perusahaan mengirimkan hal menarik dalam pengiriman promosi SMS, diantaranya adalah sebagai berikut

Ringtone

Ringtone atau jingle iklan yang menarik memiliki beberapa faktor didalamnya, diantaranya faktor memorability, meaningfulness, likability, adaptability, dan protectability, mengirimkan ringtone melalui promosi SMS juga dapat menjadi salah satu pilihan media hiburan dalam pengiklanan.

Hadiah atau Rewards

Reward jelas berpengaruh besar dalam ketertarikan konsumen terhadap promosi anda, hadiah juga akan membuat kostumer lebih terpacu untuk melihat lebih dekat tentang produk dan jasa yang anda iklankan, selain itu beberapa orang juga akan merasa terhibur dengan hadirnya kesempatan untuk mendapatkan sesuatu melalui produk yang anda iklankan.

Pesan Interaktif

Pesan yang interaktif dapat membuat kostumer anda terhindar dari kejenuhan dari promosi anda, iklan yang di kirimkan terus menerus tentunya akan menimbulkan impresi yang tidak baik terhadap kostumer anda, dengan promosi SMS yang interaktif tentunya akan membuat kostumer anda lebih tertarik dengan promosi anda dan mengenal lebih lanjut tentang produk dan jasa yang anda tawarkan. Beberapa study menemukan bahwa mengirimkan pesan yang interaktif melalui promosi SMS akan mengikutsertakan kostumer untuk terlibat lebih dalam dengan promosi SMS anda.

Bauer et al. (2013) menemukan bahwa iklan yang memenuhi standar kosumen untuk estetika dan kebutuhan personal akan lebih positif diterima dan akan menimbulkan influence yang positif dari kostumer terhadap iklan yang anda buat. Sebagai contoh di Jepang, pengaruh media hiburan dalam pengiklanan mengambil peran yang signifikan dalam penerimaan orang terhadap promosi tersebut.

Karena perangkat mobile tidak hanya dimanfaatkan untuk masalah komunikasi, tetapi juga kebutuhan hiburan, penggunaan entertainment advertising mempunyai pengaruh yang sangat baik terhadap sikap costumer dan kepercayaannya terhadap jasa atau usaha yang anda jalankan (Liu et al., 2011).

Dari hal diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa hampir semua study terkait mengakui bahwa tingkat  nilai hiburan didalam promosi sangat mempengaruhi efek kostumer untuk memahami, terlibat lebih dalam dan memiliki posibilitas yang tinggi untuk memakai atau membeli produk dan jasa yang anda promosikan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *