5 Cara Terbaik dalam SMS Marketing & Promosi

 Program promosi/marketing menggunakan SMS, atau media apapun yang memungkinkan untuk melakukan pengiriman teks kepada banyak orang, adalah cara yang paling efektif untuk menjangkau banyak orang dalam waktu yang singkat. Akan tetapi, jika dilakukan dengan cara yang keliru, bisa membuat banyak pelanggan anda seketika lari dan dan langsung memberikan cap negatif terhadap brand anda.

Elpia Messenger mencoba menguraikan beberapa cara terbaik yang bisa anda lakukan untuk menggunakan SMS Broadcast sebagai media marketing/promosi.

1. Program Promosi Harus Jelas.

Anda harus menyampaikan pesan yang ingin anda sampaikan kepada pelanggan anda dengan jelas. Apa yang akan didapatkan oleh pelanggan anda dari program promosi SMS ini harus ditulis dengan lengkap di dalam pesan SMS Broadcast yang anda kirimkan. Jika anda perlu untuk mencantumkan syarat dan ketentuan promosi dan tidak dapat ditampung di dalam SMS yang terbatas (hanya 160 karakter), anda bisa menggunakan link yang dapat membawa pelanggan ke halaman web yang mencantumkan syarat dan ketentuan yang lengkap.

Jika tidak dilakukan: pelanggan anda akan menganggap SMS promosi yang mereka terima adalah spam. Atau kemungkinan terburuknya adalah, brand anda bisa dianggap mengirimkan promosi yang menyesatkan karena pesan atau ketentuan yang kurang jelas.

2. Kirimkan SMS Promosi Kepada Nomor Terdaftar.

Ini adalah batasan yang memisahkan SMS promosi yang anda kirimkan menjadi program marketing yang efektif, atau hanya sekedar menjadi spam dan seketika dihapus dari inbox SMS. Seringkali pelanggan mengeluhkan bahwa mereka menerima SMS promosi dari brand yang tidak pernah mereka gunakan. Baik dalam sudut pandang hukum maupun etika, anda hanya dapat mengirimkan SMS promosi ke nomor ponsel yang anda kumpulkan dengan cara yang legal. Misalnya, dengan mencantumkan isian nomor ponsel di lembar pendaftaran yang diisi oleh pelanggan anda, atau dengan menggunakan formulir online di halaman web brand anda. Lebih baik lagi, jika di dalam formulir tersebut anda bisa mencantumkan disclaimer yang menandakan bahwa pelanggan bersedia menerima SMS promosi yang anda kirimkan.

Jika tidak dilakukan: SMS promosi yang dikirimkan oleh brand anda akan langsung dihapus. Akan menjadi bencana bagi brand anda jika pelanggan merasa terganggu atau dirugikan dengan SMS yang anda kirimkan, karena pelanggan merasa tidak pernah mendaftar atau menggunakan produk dari brand anda.

3. Perhatikan Frekuensi Pengiriman.

Promosi dengan menggunakan SMS Broadcast meskipun tidak memerlukan investasi yang terlalu besar, namun jika dilakukan terlalu sering, akan membuat pelanggan anda merasa ‘disalahgunakan’. Tidak ada orang yang ingin setiap hari menerima SMS promosi dari brand yang sama. Slicktext.com menuliskan bahwa idealnya, dalam 1 bulan sebuah brand sebaiknya hanya mengirimkan 2-4 SMS promosi kepada pelanggan, jika lebih dari itu, maka beberapa pelanggan akan merasa terganggu karena menerima SMS promosi yang anda kirimkan.

Jika tidak dilakukan: pelanggan akan merasa terganggu jika frekuensi pengiriman SMS Promosi anda terlalu sering. Pada akhirnya, pelanggan bisa saja melaporkan brand anda kepada regulator telekomunikasi yang berdampak buruk kepada citra brand anda.

4. Gunakan Tata Bahasa yang Baik dan Benar.

Jika tidak ada copywriter dalam tim marketing perusahaan anda, paling tidak pastikan bahwa penulisan pesan di dalam promosi SMS sudah mengikuti kaidah penulisan yang baik dan benar. Patut dipahami juga, bahwa seringkali kita harus menyingkat beberapa kata untuk bisa memasukkan lebih banyak pesan melalui SMS, yang terbatas hanya 160 karakter di setiap part. Untuk penyingkatan kata, pastikan yang disingkat adalah kata yang singkatannya umum digunakan, misalnya: yang (yg), untuk (utk), kepada (kpd), sebagai (sbg), adalah (adlh). Sebisa mungkin, hindari juga menggunakan singkatan yang artinya menimbulkan tafsir ganda, misalnya: rumah (rmh), mobil (mbl), kami (km), dll. Terakhir, jangan pernah gunakan singkatan yang tidak baku, misalnya: mobilnya (mobilx), atau (atw), aku (aq).

Jika tidak dilakukan: tata bahasa sangat penting untuk diperhatikan dalam menjaga citra brand anda. Kecuali anda memang memiliki campaign marketing yang dalam arahannya memperbolehkan penggunaan kata-kata yang tidak baku, maka selalu gunakan tata bahasa yang baik dan benar.

5. Gunakan Sender ID

Marak beredar penipuan berkedok promosi atau undian berhadiah yang menggunakan SMS blast dengan nomor GSM yang tidak dikenal. Untuk itu, selalu gunakan Sender ID Masking dalam mengirimkan SMS blast promosi untuk brand anda.

Elpia Messenger dapat membantu anda dalam pengurusan Sender ID untuk SMS blast. Tanpa dipungut biaya. Anda dapat menggunakan 11 karakter untuk setiap Sender ID yang anda daftarkan. Dalam 10-14 hari, anda sudah bisa menggunakan SMS blast dengan Sender ID masking untuk mengirimkan promosi brand anda kepada pelanggan.

Jika tidak dilakukan: pelanggan anda tidak akan dengan mudah percaya bahwa SMS blast promosi yang anda kirimkan dengan nomor random. Tanpa memerlukan biaya tambahan, anda bisa mendapatkan Sender ID sesuai dengan nama brand anda untuk mengirimkan SMS promosi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open Whatsapp
1
Whatsapp
Halo ada yang bisa di bantu